oleh

Libur Panjang, Ini Patut Dipertimbangkan

banner 468x60

Jakarta, monitornews — Di tengah pandemi Covid-19, menikmati liburan panjang di akir pekan depan perlu dilakukan dengan kehati-hatian.

Di minggu depan long weekend sejak tanggal 28 hingga 30 Oktober merupakan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad Saw.

banner 336x280

Seperti biasanya, libur panjang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung atau berekreasi.

Kepolisian memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 27 sore, dan puncak arus balik ke kota besar pada Minggu (1/10).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memprediksi libur panjang di akhir pekan depan membuat masyarakat antusias menuju tempat-tempat wisata. Pasalnya telah 7 bulan lamanya masyarakat mematuhi anjuran berdiam di rumah karena Covid-19. Karena itu libur panjang berpotensi menjadi luapan kegembiraan masyarakat.

Doni minta masyarakat memikirkan kembali keinginan bepergian ke luar rumah mengingat saat ini pandemi belum berakhir. Menurutnya menikmati liburan juga dapat dilakukan di rumah dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Sementara itu uru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengkhawatirkan libur panjang di akhir Oktober berpotensi menjadi klaster penularan Covid-19.

Dia pun minta masyarakat tidak perlu ke luar kota. Jika pun harus pergi maka sepatutnya dilakukan untuk keperluan mendesak tapi tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Wiku mengingatkan tentang hasil penelitian Yilmazkuday. Penelitian itu menyebut, 1 persen peningkatan masyarakat yang berdiam di rumah akan mengurangi 70 kasus dan 7 kematian mingguan. Bahkan pengurangan 1 persen mobilitas masyarakat menggunakan transportasi umum akan mengurangi 33 kasus dan 4 kematian mingguan.

Sementara pengurangan 1 persen kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan maupun tempat rekreasi, akan mengurangi 25 kasus dan 3 kematian mingguan.

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed