oleh

Kemajuan, Vaksin Merah Putih Segera Diujikan ke Binatang

banner 468x60

Jakarta, monitornews — Upaya merealisasi rencana vaksinasi nasional Covid-19 mencapai kemajuan. Bulan ini vaksin karya anak bangsa yang kerap disebut vaksin merah putih sedang dipersiapkan untuk diujicobakan terhadap hewan.

Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, mengatakan bahwa sesuai rencana akhir tahun ini bibit vaksin yang telah melalui uji coba terhadap hewan dan mamalia akan diserahkan ke PT Bio Farma.

banner 336x280

Selanjutnya BUMN tersebut melakukan produksi dalam skala kecil untuk memenuhi kebutuhan uji klinis.

Bambang menegaskan pemerintah akan memantau prosedur uji klinis dalam pembuatan vaksin, mulai dari uji klinis tahap I, II, dan III.

Setelah dinilai positif dan aman, vaksin diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk diputuskan apakah dapat dipergunakan secara massal.

Menurut Bambang, bibit vaksin Merah Putih ini menggunakan isolat virus SARS-CoV-2 di Indonesia. Hal ini untuk memastikan vaksin yang dipakai cocok untuk warga negara Indonesia.

“Vaksin Covid-19 yang menggunakan isolat virus yang memang bertransmisi di Indonesia. Dan kemudian pengembangan bibit vaksinnya dikerjakan oleh ahli-ahli Indonesia dan tentunya pada akhirnya produksinya juga dilakukan di Indonesia,” katanya dalam konferensi pers virtual di BNPB, Selasa (27/10).

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed